Doktor Ilmu Pertanian

Profil Program Studi Doktor Ilmu Pertanian

Program Studi Doktor Ilmu Pertanian Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (PS-DIP) pertama kali dibuka berdasarkan Mandan Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indoensia Nomor : 858/E.E2/DT/2013 tanggal 23 Agustus 2013. Izin penyelenggaraan PS-DIP diperoleh pada Tanggal 8 Oktober 2012 berdasarkan Mendikbud Nomor : 476/E/O/2014. Sejak tanggal dibekeluarkan izin tersebut, PS-DIP telah terakreditasi dengan predikat BAIK (B) dan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi Tahun 2014 (SNPT 2014). Akreditasi Baik sesuai dengan Permendikbud Nomor 87 Tahun 2014. Saat ini PS-DIP Universitas Syiah Kuala memiliki 4 (empat) bidang konsentrasi/minat yaitu : (1) Manajemen Sumberdaya Lahan (MSL), (2) Ilmu Tanaman (ITA), (3) Bioteknologi Pertanian (BIP), (dan (4) Ekonomi Pertanian/Agribisnis (EKA).

 

Profil Pimpinan

Ketua Program Studi

Prof Dr. Ir. Sufardi, M.S. dilahirkan di Aceh Besar pada tanggal 17 Nopember 1962. Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) tamat tahun 1974 di Sungai Makmur (Aceh Besar), Madrasah Tsanawiyah Negeri (MtsN) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) ditempuhnya di Montasik Kabupaten Aceh Besar masing-masing diselesaikan pada tahun 1979 dan 1981. Pada tahun 1981 penulis melanjutkan studi di Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) pada Jurusan Budidaya Pertanian Program Studi Ilmu Tanah dan memperoleh gelar Sarjana Pertanian (insinyur) pada tahun 1986. Setelah lulus penulis diterima sebagai staf pengajar di Fakultas Pertanian Unsyiah pada tahun 1987 dan setahun kemudian melanjutkan pendidikan pada Fakultas Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan tamat pada tahun 1990. Pada tahun 1996 kembali melanjutkan studi pada Program Doktor Universitas Padjadjaran Bandung dan lulus dengan predikat Cumlaude pada tahun 1999. Sekembalinya dari tugas belajar, melanjutkan tugasnya sebagai dosen di Fakultas Pertanian di Ilmu Tanah dan Program Studi Agroteknologi. Selain mengajar di Fakultas Pertanian, penulis juga menjadi dosen tetap pada Program Magister Konservasi Sumberdaya Lahan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala hingga sekarang. Mata Kuliah yang diampu diantaranya Dasar-dasar Ilmu Tanah, Kimia Tanah, Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman, Metodologi Penelitian Etika Lingkungan, Statistika, Konservasi Sumberdaya Lahan, Filsafat Ilmu, Degradasi dan Rehabiliti Lahan. Selain sebagai pengajar, juga pernah menjabat sebagai Kepala Laboratorium Kimia Tanah pada tahun 2000-2004, Ketua Program Studi Ilmu Tanah tahun 2002-2006, Ketua Program Studi Magister Konservasi Sumberdaya Lahan (KSDL) pada tahun 2006-2007, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala periode 2007-2011, Kepala Laboratorium Penelitian Tanah dan Tanaman (2012-sekarang) dan Ketua Program Studi Doktor Ilmu Pertanian (2013-sekarang). Kerjasama internasional yang pernah terlibat antara lain : Program Asialink ACULTURA (2006-2008) yang melibatkan lima universitas (Unsyiah Banda Aceh, UNTAD Palu, UBER Berlin, Hohenheim Stuttgart, BOKU Austria), kerjasama dengan Prince of Songkla University, Thailand (2009-2010) dan Kerjasama dengan ACIAR Australia bersama Balai Besar Penelitian Sumberdaya Lahan Pertanian /BBSDLP, Bogor dan Balai Pengkajian dan Terapan Teknologi /BPTP Aceh (sejak 2009-hingga sekarang). Terbitan buku yang sudah dihasilkan : (1) Pengantar Nutrisi Tanaman (2012). Penerbit CV Bina Nanggroe, Banda Aceh. ISBN 978-602-17460-8-0. (2) Metode Ilmiah dan Penelitian (2015). Penerbit Syiah Kuala University Press. Banda Aceh. ISBN 978-602-1207-19-6..

Sekretaris Program Studi

Dr. Ir. Husni, M.Agric.Sc dilahirkan di Desa Lambaro Seubun, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar pada tanggal 4 Februari 1965. Pada tahun 1990 menamatkan Pendidikan S1 di Fakultas Pertanian Unsyiah. Pendidikan S2 diselesaikan pada tahun 1997 di Tsukuba University, Japan. Pendidikan S3 juga diraih pada universitas yang sama pada tahun 2001. Sekarang ini saya aktif sebagai dosen di Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala. Saya juga memberi kuliah dan membimbing mahasiswa Program Pascasarjana di Prodi Agroekoteknologi Univ. Syiah Kuala. Adapun bidang konsentrasi penelitian saya adalah tentang pemanfaatna musuh-musuh alami untuk mengendalikan hama tanaman. Saya juga aktif menjadi khatib Jumat dan mengisi berbagai program dakwah Islamiah di kota Banda Aceh..

Profil Program Studi

Visi

Menjadi Program Doktor Ilmu Pertanian yang iniovatif, mandiri, dan terkemuka dalam menghasilkan sumberdaya manusia dan IPTEKS pertanian yang berbasis pada pengembangan potensi unggulan daerah pada tahun 2030.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis penelitian untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas tinggi dalam mengelola sumberdaya lahan dan lingkungan berkelanjuta
  2. Mengkaji dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi inovasi dalam pengembangan pertanian dan pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan.
  3. Melakukan dan mengembangkan karya penelitian dan publikasi ilmiah pada tingkat nasional dan internasional dalam bidang pertanian untuk kepentingan pengetahuan dan kesejahteraan manusia.
  4. Berperan serta dalam pengembangan konsep dan teknologi untuk memberikan solusi terhadap berbagai masalah pembangunan pertanian.

Kompetensi Program Studi

Rumusan kompetensi Program Studi Doktor Ilmu Pertanian atau learning outcome lulusan mengacu pada peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 9, yaitu :

  1. Kompetensi Utama :
  2. Mampu mengembangkan pengetahuan dan melahirkan teknologi yang inovatif di bidang pertanian dan pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan
  3. Mampu menghasilkan dan mengembangkan karya penelitian dan publikasi ilmiah pada tingkat nasional dan internasional dalam bidang pertanian secara sistematis, kreatif, original, dan berkualitas yang berbasis pada potensi keunggulan daerah
  4. Mampu mengembangkan konsep dan teknologi untuk memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan pertanian melalui pendekatan multidisiplin, interdisipliner, dan transdisipliner.

Kompetensi Pendukung :

  1. Memiliki kemampuan untuk bersikap jujur dan berperilaku ilmiah sesuai etika keilmuan yang menjunnjung tinggi nilai-nilai kebenaran dan kearifan.
  2. Memiliki keterampilan akademik yang baik dan mampu mempresentasikan, mengkomunikasikan, dan mempubli-kasikan karya ilmiah dalam forum-forum ilmiah nasional dan internasional.
  3. Dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan karya ilmiahnya untuk kemajuan masyarakat dan pembangunan nasional.

STRUKTUR ORGANISASI

Standar Oprasional Prosedur

01 – SOP SISTEM REKRUTMEN MAHASISWA BARU

Download SOP

02 – SOP REGISTRASI DAN PENGISIAN KRS

Download SOP

03 – SOP SISTEM PERKULIAHAN

Download SOP

04 – SOP SANKSI AKADEMIK

Download SOP

05 – CUTI AKADEMIK

Download SOP

06 – SOP PELAKSANAAN UJIAN

Download SOP

07 – SOP EVALUASI HASIL BELAJAR MAHASISWA

Download SOP

08 – SOP TOPIK KHUSUS

Download SOP

09 – SOP DOSEN WALI ATAU DOSEN PA

Download SOP

10 – SOP DOSEN PEMBIMBING (PROMOTOR)

Download  SOP

11 – SOP PERGANTIAN PEMBIMBING (TIM PROMOTOR)

Download SOP

12 – SOP PROPOSAL DISERTASI DAN BIMBINGANNYA

Download SOP

13 – SOP SIDANG KOMISI

Download SOP

14 – SOP UJIAN PRELIM TERTULIS

Download SOP

15 – SOP UJIAN PRELIM LISAN

Download SOP

16 – SOP SEMINAR PROPOSAL DISERTASI

Download SOP

17 – SOP PENELITIAN DISERTASI

Download SOP